Waspadai Gejala Diabetes Mellitus

Diposting oleh PUNTEN


Diabetes mellitus atau yang sering dikenal sebagai DM, penyakit kencing gula merupakan kelainan metabolis karena defisiensi sekresi hormone insulin. Penyakit kencing gula ini ini ditandai dengan kadar glukosa darah yang melebihi normal karena kekurangan insulin yang diproduksi oleh tubuh kita.

 Pada umumnya karbohidrat yang dikonsumsi oleh tubuh akan diubah menjadi glukosa dalam saluran pencernaan dan kemudian akan dibawa oleh darah keseluruh tubuh dengan bantuan insulin dan masuk kedalam sel untuk menjadi energi. Pada penderita diabetes mellitus glukosa tersebut tidak masuk kedalam sel karena tidak adanya insulin.

Kurangnya insulin di dalam tubuh akan mengakibatkan kita mengidap penyakit diabetes mellitus ini. Berdasarkan sifatnya, ada 3 jenis penyakit kencing manis yang dapat dikelompokkan; penyakit DM yang bergantung kepada insulin, penyakit DM yang tidak bergantung kepada insulin (bagi penderita kurus maupun gemuk), dan penderita yang berhubungan dengan kekurangan nutrisi. Selain itu, Dabetes Mellitus dapat disebabkan karena gejala pada organ tertentu seperti pada pankreas, hal hormonal, zat-zat kimia, kelainan pada insulin, serta dapat pula disebabkan oleh genetik.

Penyebab Diabetes melittus

Umumnya diabetes melittus disebabkan oleh rusaknya sel-sel betha dari Langerhans pada pankreas yang berfungsi menghasilkan insulin, hal ini mengakibatkan kurangnya produksi insulin. Selain itu diabetes melittus juga dapat terjadi karena gangguan terhadap fungsi insulin dalam memasukan glukosa kedalam sel.

Pada penderita diabetes mellitus biasanya gejala yang sangat mudah dikenali adalah timbulnya rasa haus dan sering lapar, sehingga akan banyak minum dan turunnya berat badan secara drastis. Gejala diabetes mellitus lainnya yaitu terjadi kesemutan di malam hari pada kaki karena terjadi gangguan syaraf, Penglihatan yang semakin kabur,, rasa gatal pada kemaluan, bila terjadi luka akan sulit sembuh, adanya gangguan saat ereksi serta adanya keputihan pada wanita.

Pada tahap lanjut gejala yang muncul antara lain rasa haus, banyak kencing, berat badan menurun, sering lapar, badan lemas, rasa gatal, kesemutan, mata kabur, kulit kering. Gejala tersebut dapat berlanjut pada penglihatan kabur dan komplikasi yang dapat terjadi adalah penyakit jantung, penyakit ginjal, gangguan kulit dan syaraf. Diabetes Mellitus memang tidak bisa disembuhkan namun dengan perawatan yang baik, setiap penderita dapat menjalani kehidupannya secara normal.

Tips Bagi Penderita Diabets Mellitus

Bagi penderita diabetes Mellitus sebaiknya mulai mengukur jumlah kalori, membuat jadwal makan dan mulai memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi. Pengertian tepat jumlah kalori, yaitu jumlah makanan dikonsumsi disesuaikan dengan status gizi penderita Diabetes Mellitus dan bukan berdasarkan tinggi rendahnya kadar gula darah. Jumlah kalori yang disarankan adalah berkisar antara 1.100 hingga 2.900 KKal. Buat jadwal makan lebih sering dengan porsi sedang, sehingga jumlah kalori merata sepanjang hari.

Mengatur jadwal makan dengan porsi sedang bertujuan agar beban kerja tubuh tidak terlampau berat dan produksi kelenjar ludah perut tidak terlalu mendadak. Untuk jenis makanan bagi penderita diabetes mellitus, sebaiknya menghindari jenis makanan yang berpotensi mempercepat naiknya kadar gula darah.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar