Tips Bagi yang Gampang Marah

Diposting oleh PUNTEN

Pengendalian diri memang sangatlah penting terutama bagi kamu yang sering marah-marah. Berikut ini adalah artikel yang cukup menarik mengenai pengendalian diri dengan melakukan aktivitas tangan yaitu memakai tangan yang jarang kita gunakan. Untuk sebagian orang, amarah amatlah sulit untuk dikendalikan. Sehingga tidak jarang mereka akhirnya mengeluarkan semua amarahnya secara berlebihan yang justru merugikan dirinya sendiri.

Itulah mengapa pengendalian diri amat penting. Kini, saat merasa perlu mengendalikan diri, kita hanya perlu beraktivitas memakai tangan yang jarang kita gunakan untuk kegiatan sehari-hari. Penelitian ini dibuat oleh Dr Thomas Denson dan telah dimuat dalam the journal Current Directions in Psychological Science, Maret 2012.

Dr Thomas Denson dari University of New South Wales berpendapat bahwa ketika seseorang yang beralih memakai tangan 'non dominan' atau tangan yang tidak sering digunakan untuk melakukan kegiatan rutin akan lebih dapat untuk mengendalikan emosinya.

Dr Denson menuturkan bahwa jika kita terbiasa memakai tangan kanan untuk memakai mouse, mengaduk teh atau kopi, membuka pintu, dan sebagainya, maka ada baiknya untuk mencoba sekali-kali kita lakukan kegiatan rutin tersebut dengan tangan kiri. Bagi orang kidal, lakukan kegiatan dengan memakai tangan kanan. Dengan tips seperti ini maka dianggap efektif menjadi kontrol diri untuk tidak 'meninju atau menyakiti orang' yang sudah membuat Anda marah dan kesal.

Menurut kriminolog dan sosiolog dipercayai bahwa tingkat kejahatan dan kekerasan jadi tinggi disebabkan rendahnya pengendalian diri. Jika dilihat aktivitas otaknya memakai alat, maka bagian otak orang yang mengatur pengendalian diri justru lebih aktif dibandingkan orang yang tidak agresif. Dan cara membantu mengurangi impuls tersebut.

Pada tahap awalnya latihan memakai tangan non-dominan juga dapat memancing emosi, namun jika dilatih terus, maka kita akan memiliki kemampuan untuk mengendalikan diri. Sehingga, seiring waktu hal-hal yang membuat kamu jengkel akan lebih mudah diatasi.
Nah selamat mencoba, semoga emosimu semakin terkontrol dengan baik. Lagipula pula ada pepetah sering marah cepat tua bukan…
(source:http://id.she.yahoo.com/trik-jitu-kendalikan-emosi-120000341.html)

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar