Startup Asia Jakarta 2012

Diposting oleh PUNTEN

Startup Asia adala Sebuah ajang mempertemukan Teknopreneur dengan jaringan investor di Asia. Setelah sukses digelar di singapura pada februari 2012 lalu, Startup Asia akan kembali digelar di Jakarta pada 7 dan 8 Juni 2012.

Acara Startup Asia Jakarta 2012

Bukan hanya pameran produk saja tetapi juga kan menghadirkan diskusi pembicara antar a lain:

1. Remco Lupker (co-founder Tokobagus)
2. Tatsuo Tsutsumi (Partner GREE Ventures)
3. Takahiro Suzuki (Direktur CyberAgent Ventures Jakarta)
4. Steven Goh (co-founder mig33).

Adapun,  para pembicara dari Indonesia yang akan hadir, di antaranya :
1. Andy Zain (Direktur PT. Sybes, Founder dan CEO PT. Numedia Global)
2. Anthony LIem (CEO Merah Putih Incubator)
3, Edi Taslim (Wakil Direktur Kompas.com)
4. Andi S. Boediman (Direktur Ideosource)

 Pitching di Startup Asia Jakarta 2012

Sebagai sebuah acara untuk start-up, tentu tak lengkap jika tak ada sesi pitching. Pitching yang akan digelar di acara ini bernama "Start Up Arena", di mana start-up yang mengikuti pitching akan memperebutkan hadiah sebesar 10 ribu dollar AS.

Selama ini pitching dianggap sebagai mimpi buruk bagi para pendiri start up. Untuk bisa menaklukkan investor dan menyelesaikan masalah dana di perusahaan, pendiri start up pertama-tama harus mengerti jenis-jenis pitching. Pitching terbagi menjadi tiga, yakni Pitching Elevator, Pitching Competitive, dan Pitching Investor.

"Pitching elevator hanya berdurasi 1 menit. Ini biasanya terjadi secara tak terduga, misalnya saat berkenalan di sebuah event dan orang yang baru dikenal tersebut menanyakan tentang usaha yang kita jalankan. Dalam waktu satu menit kita harus bisa menjelaskan tentang perusahaan kita ke dalam satu kalimat. Satu kalimat dalam satu menit tersebut jika disampaikan dengan tepat akan membawa lawan bicara tertarik masuk ke jenis pitching selanjutnya, yakni competitive pitching.

Dalam competitive pitching, durasinya bertambah menjadi 5 menit. Ini bisa dimanfaatkan untuk menjelaskan produk secara spesifik, menjelaskan target market dan klarifikasi pembeli, dan keunikan lain dari bisnis yang dijalani. Dalam competitive pitching, semua harus dijelaskan dengan lebih terstruktur dilengkapi data pelengkap yang akurat dan contoh kasus yang nyata terjadi dalam kehidupan. Yakinkan lawan bicara bahwa produk yang anda hasilkan memberi solusi bagi permasalahan yang ada.

Tahap Investor Pitching adalah tahap yang paling menentukan apakah anda berhasil atau tidak dalam menarik perhatian investor. Tahap investor pitching biasanya lebih lama,sekitar 20 menit yang dilengkapi dengan tanya-jawab. Di antaranya adalah melakukan overview (gambaran produk dan perusahaan secara umum). Setelah itu, sampaikan target market yang berisi fakta saja. Fakta bahwa produk anda telah digunakan atau dibeli oleh sekian ribu orang. Kalau perlu gunakan grafik penjualan. Lalu sampaikan masalah yang dihadapi oleh masyarakat selama ini dan sampaikan bahwa produk anda sudah menyelesaikan masalah (beri contoh-contoh nyata).

Lanjutkan pembahasan dengan menyampaikan kompetisi yang terjadi di lapangan. Sebutkan kompetitor Anda dan sampaikan keberhasilan anda menghadapi kompetitor. Lalu lanjutkan dengan menyampaikan status perusahaan dan produk anda dalam kompetisi tersebut, apakah mampu bersaing atau tertinggal.
Terakhir, sampaikan tujuan anda melakukan pitching. "Misalnya begini : demikian yang bisa saya sampaikan. Perusahaan saya sudah mengalami kemajuan, namun saya ingin mengembangkan usaha saya agar bisa membangun kantor cabang …," Angkanya harus realistis, jangan mengada-ngada. Investor akan lebih senang dihadapkan pada data-data yang nyata.
(source:http://tekno.kompas.com/read/2012/03/18/08080072/Sukses.di.Singapura.Startup.Asia.Akan.Digelar.di.Jakarta-http://tekno.kompas.com/read/2011/07/01/17061513/Menaklukkan.Momok.Bernama.Pitching.)




Tertarik untuk mengikuti Even ini Pesan tiketnya
 di sini Ticket Event StartupAsia - 7/8 Juni 2012

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar