Gideon Sundbäck Sang Penemu

Diposting oleh PUNTEN

Bila kita cermati logo google atau Google Doodle hari ini adalah sebuah ritsleting. Cukup menarik memang sebuah ritsleting dan bila kita klik pada ritsleting tersebut akan terbuka hasil pencarian untuk Gideon Sundbäck. Rupanya pada tanggal 24 April 2012 ini merupakan hari lahir dari seorang penemu Swedia yang bernama Gideon Sundbäck.  Kita mestinya harus berterimakasih terhadap beliau karena tanpa jasanya kita mungkin tidak pernah memiliki busana dengan ritsleting yang memudahkan kita memakai ataupun melespakan busana.

Gideon Sundbäck (24 April 1880 - 21 Juni 1954) merupakan seorang penemu Swedia-Amerika Serikat.  Antara tahun 1906-1914 Gideon Sundbäck telah membuat beberapa kemajuan pada ritsleting, Gideon Sundbäck bekerja pada perusahaan yang akan berkembang menjadi Talon, Inc. Ia mengandalkan karya insinyur sebelumnya seperti Elias Howe, Max Wolff, dan Whitcomb Judson (ayah mertua Sundbäck). Gideon Sundbäck juga menemukan mesin produksi untuk ritsleting. Ritsleting menggantikan tombol tahun 1937 untuk penggunaan "fly" di celana panjang.

Gideon Sundbäck Sang Penemu

Sundbäck kadang-kadang dikatakan sebagai orang Kanada, sebab perusahaan pertamanya Lightning Fastener Company, produsen ritsleting awal, bermarkas di St. Catharines, Ontario. Meski sering mengunjungi pabrik St. Catharines sebagai presiden perusahaan itu, nyatanya ia tidak pernah menjadi warga tetap apalagi warganegara Kanada.

Sekali lagi termikasih buat Gideon Sundbäck atas penemuan yang begitu spektakuler yang tetap berguna sampai saat ini yaitu ritsleting.



{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar