7 Nama Band Indonesia Terbaik

Diposting oleh PUNTEN

Nama kadang memang mewakili sesuatu yang dinamai tersebut. Tetapi dalam dunia seni kadang nama akan sangat berbeda dengan arti dari nama itu sendiri. Banyaknya band-band musik di Indonesia saat ini memang banyak yang mengusung nama asing atau nama-nama unik yang kadang memang bertujuan untuk menjual. 

Saat ini kita akan sulit mencari band Indonesia yang memiliki nama yang baik dengan bahasa Indonesia. Berikut ini 7 band dengan nama berbahasa Indonesia terbaik — dari segi nama maupun arti sangat selaras dengan musik yang dibawakan.

Seringai

Seringai merupakan contoh nama band terbaik yang memakai bahasa Indonesia. Seringai memiliki arti “gerenyot muka dan mulut yang dimaksudkan untuk mengejek atau menunjukkan rasa tidak suka”.

Kantata 

Kantata artinya adalah nyanyian untuk paduan suara. Nama ini memang tepat dipakai untuk nama program kolaborasi dari beragam seniman dan musisi kawakan Indonesia yang seakan-akan bisa diartikan sebagai paduan suara.

Naif

Kata “naif” diserap dari bahasa Belanda, yang berarti memperlihatkan sifat polos, lugu dan sederhana. Ban Naif memang membawakan musik-musik pop tahun ’70-an dengan lirik yang polos dan cukup sederhana.

Pancaran Sinar Petromaks

Pancaran Sinar Petromaks (nama lengkap: Orkes Moral Pancaran Sinar Petromaks) dipakai oleh grup musik dangdut humor yang populer pada akhir ’70-an. Nama yang dipilih sangat tepat karena merepresentasikan musik mereka yang merakyat. Petromaks adalah lampu berbahan bakar minyak yang tidak menggunakan sumbu, melainkan kaus. Identik dengan rakyat kecil.

Dara Puspita

Tidak ada nama yang lebih tepat dari “dara puspita” untuk band yang populer di akhir ’60-an dan awal ’70-an yang personelnya semua wanita. Dara berarti anak perempuan dan puspita berarti bunga. Band ini memang menjadi bunga di Blantika permusikan Indonesia. Album-album mereka kini juga menjadi buruan para kolektor baik di Indonesia maupun luar negeri.

Koil

Kata “koil” berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti gulungan kawat yang mengatur arus tegangan listrik.  Dan berdasarkan arti kata yang mengandung unsur teknik tersebut, maka cocok sudah band asal Bandung yang mengusung genre Rock Industrial ini memilih Koil sebagai nama band mereka.

Efek Rumah Kaca


Efek rumah kaca merupakan istilah meningkatnya suhu Bumi akibatt naiknya konsentrasi gas karbondioksida (CO2) dan gas-gas lainnya di atmosfer. Nama ini menjadi representasi sempurna sebab lirik-lirik Efek Rumah Kaca selalu kritis menangkap isu-isu sosial.

(source:http://id.omg.yahoo.com/blogs/blog-editor/7-nama-band-berbahasa-indonesia-terbaik.html)

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar