Kotak hitam Pesawat Sukhoi Belum Lengkap

Diposting oleh PUNTEN

Kotak hitam pesawat Sukhoi Superjet 100 yang telah ditemukan ternyata belum lengkap. Hal ini dinyatakan oleh ketua KNKT Tatang Kurniadi. Kotak hitam yang telah berhasil ditemukan tersebut baru CVR-nya saja yaitu Cockpit Voice Recorder atau perekam suara kokpit.

Kotak hitam Pesawat Sukhoi Baru CVR Saja

Black box atau kotak hitam pesawat sukhoi terdiri dari dua bagian, yaitu Cockpit Voice Recorder (CVR) dan Flight Data Recorder (FDR) atau rekaman data penerbangan. CVR berisi segala aktifitas percakapan di dalam pesawat, seperti percakapan antar-pilot, percakapan pilot dengan pramugari, bahakan piring jatuh maupun orang batuk. Diperlukan waktu dua jam untuk membaca data dari CVR.

"Lama waktunya dua jam. Karena itu yang diambil ujungnya saat investigasi," kata Tatang Kurniadi. Sedangkan FDR, alat yang belum ditemukan, merekam data berupa manuver pesawat, kecepatan, kemiringan dan ketinggian pesawat. Namun, Tatang menegaskan, investigasi tetap bisa dilakukan meskipun FDR belum ditemukan.  Hanya investigasi penyebab pesawat jatuh akan lebih sulit.

Hasil Investigasi Kotak Hitam Bisa Berbulan Bulan

Bila FDR dan CVR bisa ditemukan, maka akan ada dua data pembanding. Penyebab kecelakaan pesawat Sukhoi akan lebih komprehensif. Waktu yang diperlukan untuk merilis hasil investigasi bisa berbulan-bulan, maksimal 12 bulan.
(source:http://www.metrotvnews.com/read/newsvideo/2012/05/16/151089/Kotak-Hitam-Sukhoi-yang-Ditemukan-belum-Lengkap/6)

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar