Karier Endang Rahayu Sedyaningsih

Diposting oleh PUNTEN

Menteri Kesehatan non aktif Endang Rahayu Sedyaningsih sudah kehilangan kesadaran sejak Selasa 1 Mei 2012 di ruang ICU RS Cipto Mangunkusumo Jakarta. Endang Rahayu Sedyaningsih bersuamikan dr. Reanny Mamahit, SpOG, MM (Direktur RSUD Tangerang). serta dikaruniai dua putra dan seorang putri.


Perjalanan karier Endang Rahayu Sedyaningsih di dinas kesehatan pun terbilang panjang. Selepas kuliah di FKUI, Endang sempat bekerja di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, pada 1979-1980. Kemudian, pada 1980-1983, Endang berangkat ke Nusa Tenggara Timur. Di sana, Endang Rahayu Sedyaningsih  menjabat Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Waipare, NTT dan kembali ke Jakarta. Setelah itu, Endang Rahayu Sedyaningsih  dipercaya bertugas di Dinas Kesehatan Provinsi DKI pada 1983-1997.

Lebih lanjut, Endang Rahayu Sedyaningsih  juga pernah memegang peranan penting di Badan Kesehatan Dunia (WHO). Dia menjabat penasihat teknis pada Departemen Penyebaran Penyakit dan Respons di Geneva, Swiss, tahun 1997-2006.

Setelah itu karier Endang Rahayu Sedyaningsih  pun terus meningkat hingga menjadi koordinator riset Avian Influensa pada 2006. Sebelum diangkat menjadi Menteri kesehatan, Endang Rahayu Sedyaningsih menjabat Direktur Pusat Riset dan Pengembangan Biomedis dan Farmasi, Departemen Kesehatan sejak Februari 2007.

Pada tahun 2010, Endang Rahayu Sedyaningsih melarang beredarnya iklan susu formula karena tidak sesuai bagi pertumbuhan bayi. Selain itu, beliau juga memperjuangkan pelarangan iklan rokok di televisi. Kesemua langkah beliau didukung banyak pihak dan masyarakat Indonesia.

Endang Rahayu Sedyaningsih  lahir di Jakarta, 1 Februari 1955 dan memperoleh gelar sarjananya pada 1979 dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Endang Rahayu Sedyaningsih  bersuamikan Dr Reanny Mamahit, SpOG, MM yang merupakan Direktur RSUD Tangerang. Putra pertamanya bernama Arinanda Wailan Mamahit, putra kedua bernama Awandha Raspati Mamahit, dan anak putri paling kecil bernama Rayinda Raumanen Mamahit.

Direktur Utama RS Cipto Mangunkusumo (Dirut RSCM) Akmal Taher mengatakan Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsihmeninggal sekitar pukul 11.41 WIB, Rabu (2/5). Setelah dibawa ke Kantor Kementerian Kesehatan, jenazah akan disemayamkan di rumah duka.
(source:http://www.antaranews.com/berita/308704/menteri-kesehatan-endang-sedyaningsih-berpulang)

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar