Jaringan Otak Einstein Dipamerkan

Diposting oleh PUNTEN


Otak manusia memang menjadi misteri apalagi otak tersebut adalah otak seorang yang sangat Genius dimasa itu. Sebut saja Albert Einstein sang fisikawan yang terkenal dengan teori relativitasnya itu. Baru baru ini Yayasan Wellcome memamerkan potongan lapisan otak Albert Einstein di pameran berjudul "Brains" di Wellcome Collection di London dari 29 Maret-17 Juni. Selain lapisan otak Einstein, acara ini juga memamerkan tengkorak usia 3000 tahun, otak yang sudah menjalani proses pengawetan ala mumi Mesir kuno dan otak-otak dalam toples.

Sampel otak Albert Einstein diawetkan pada slide. Dalam pameran tersebut di pamerkan juga  spesimen dari kepala lain seperti Charles Babbage Inggris seorang ahli matematika dan pembunuh terkenal William Burke. Kurator pameran tersebut mengungkapkan bahwa otak merupakan misteri yang perlu banyak dilakukan penelitian. Otak diperkirakan terdiri dari 100 miliar sel saraf dan 100 triliun sinapsis. Penelitian otak seperti yang dilakukan di Proyek Connectome adalah usaha untuk memetakan saraf otak dengan teknik pencitraan. Hal ini untuk menjawab kenapa sebuah pikiran bisa sangat berbeda satu sama lainnya.

Dalam pameran itu juga menampilkan sebuah tengkorak yang telah berusia 5.000 tahun dengan bekas lubang dibor. Hal itu telah menunjukkan bahwa manusia telah lama menggunakan intervensi langsung ke dalam masalah pikiran.

Pameran ini berakhir dengan klip video dari wawancara dengan para calon donor otak, yang berusaha untuk menekankan pentingnya kelangsungan penyediaan bahan segar untuk mencari pengobatan baru untuk kondisi seperti penyakit Alzheimer.

Salah seorang yang diwawancarai adalah Albert Webb, lahir di London timur pada tahun 1919, yang mengatakan dia termotivasi untuk mendonorkan otaknya bagi ilmu pengetahuan setelah istrinya Ellen meninggal karena Alzheimer. "Saya akan melakukan sedikit kebaikan untuk seseorang," katanya.
(source) http://id.berita.yahoo.com/slices-einsteins-brain-show-mind-matter-140427561.html

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar